Gerakan Yoga untuk Pemula yang Bisa Dipraktekan di Rumah

Gerakan Yoga untuk Pemula Yang Bisa Dipraktekan di Rumah

 

Tipsgayhidup.com – Olahraga yoga belakangan ini menjadi salah satu olahraga yang populer dan banyak diminati khususnya oleh kaum wanita. Yoga merupakan olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran anda.

Karena gerakan yoga banyak yang dapat membantu anda untuk rileks sehingga dapat mengurangi stress pada diri anda. Dengan rutin berlatih yoga anda akan mendapatkan tubuh yang bugar dan pikiran yang positif.

Olahraga yoga juga berfungsi untuk menjaga kekuatan,keseimbangan dan kelenturan pada otot anda. Sejumlah penelitian menemukan bahwa yoga bisa mengurangi gejala rasa cemas dan juga penyakit kronis lebih baik dibandingkan terapi tradisional lainnya.

Sesuai dengan anjuran kemenpora bahwa kita harus rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Gerakan Yoga untuk Pemula yang Bisa Dipraktekan di Rumah

Yoga telah berumur sekitar 5000 tahun dan menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melatih fisik, mental, dan spiritual.

Yoga (yuj) berarti “mengontrol,” “menyatukan”, “bergabung,” atau “bersama,”. Anda akan mendapatkan semua manfaat yoga segera setelah Anda mulai berlatih.

Banyak orang yang masih ragu untuk mulai berlatih yoga, alasannya tidak memiliki waktu,tempat atau merasa gerakan yoga sulit dan susah dilakukan.

Yoga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, asal kita serius untuk berlatih gerakan yoga tidak sulit dan mudah untuk dipraktekkan.

Bagi anda yang sibuk bekerja yoga juga bisa anda praktekan di rumah disela – sela waktu yang bisa anda luangkan. Anda bisa melihat gerakan yoga untuk pemula pada youtube,internet ataupun buku panduan yang bisa anda beli di toko.

Cukup 30 menit setiap hari anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa dari olahraga yoga ini. Berikut ini beberapa gerakan yoga untuk pemula yang bisa anda praktekan dirumah:

Gerakan Yoga untuk Pemula yang Bisa Dipraktekan di Rumah

Gerakan Seated Yoga Pose 

Anda harus menguasai cara duduk yang benar terlebih dahulu sebagai permulaan. Gerakan duduk yang baik dalam yoga adalah duduk bersila dengan posisi tubuh tegap, dada membusung ke depan, kepala diangkat ke atas serta rileks.

Gerakan Seated Yoga Pose ini bertujuan untuk menguatkan otot dan merilekskan tubuh juga meredakan stress.

Sebaiknya dilakukan dengan memejamkan mata lalu tarik nafas dalam-dalam,konsentrasi dan tenangkan pikiran dari segudang aktifitas harian anda.

Gerakan Yoga Tadasana

 Gerakan yoga Tadasana merupakan gerakan yoga yang paling dasar dan mudah untuk dicoba. Manfaat gerakan Tadasana ini adalah untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh, menguatkan otot perut, dan membantu menyeimbangkan fungsi otot tubuh secara alami.

Tadasana dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan berdiri tegak kemudian jinjitkan kaki, angkat tanganmu ke arah atas sembari menarik napas.

Setelah 5 detik baru tapakkan kedua kaki pada matras sambil membuang napas. Lakukan gerakan yoga Tadasana ini sebanyak 5 sampai 10 kali beruang-ulang

Gerakan Standing Yoga Pose

Selanjutnya adalah gerakan Standing Yoga Pose. Untuk melakukan gerakan ini, pertama-tama Anda ambil posisi berdiri lalu buka kaki secukupnya.

Angkat kaki kanan menghadap ke atas hingga membentuk sudut 45 derajat, kemudian tangan kanan meraih kaki kanan tersebut.

Bertumpulah dengan kaki kiri sambil lurus disebelah kaki, sedangkan tangan kiri  mengarah lurus ke depan. Usahakan pandangan mata anda juga harus mengikuti arah tangan kiri.

Gerakan Tree Pose

Gerakan yoga yang satu ini dapat membantu keseimbangan tubuh anda. Posisi berdiri tegak,kedua tangan ditangkupkan di depan dada. Angkat kaki kanan, lipat ke paha kiri. Tahan 30 detik, ganti kaki yang satunya.

Gerakan Yoga untuk Pemula yang Bisa Dipraktekan di Rumah

Gerakan Cat-Cow Pose

Pose yoga ini dilakukan dengan posisi seperti seekor kucing, tumpukan badan anda di kedua dan lutut. Kemudian lakukan gerakan dengan melengkungkan tubuh anda ke dalam dengan dagu mengarah pada dada.

Selanjutnya gerakan tubuh anda melengkung ke telapak tangan luar. Lakukan gerakan ini beberapa kali jika anda memiliki banyak waktu karena gerakan ini bisa mengatasi sakit punggung.

Gerakan Upward and Downward Facing Dog

Gerakan Upward and downward facing dog melatih banyak otot serta kekuatan tangan, bahu, lengan, dan juga tulang belakang  dan perut menjadi kencang.

Untuk melakukannya, buat posisikan tubuh telungkup, lalu angkat tubuh lebih tinggi dengan menggunakan kekuatan kaki dan tangan.

Posisi tangan dan kaki harus sejajar lurus, begitu juga dengan punggung menghadap ke atas hingga membentuk posisi busur.

Tahan gerakan ini selama 5-10 hitungan atau 1 menit sambil mengatur pernapasan dengan baik.

 

Gerakan Yoga Bhujangasan

Bhujangasana ini juga ampuh untuk mengencangkan perut, untuk melenturkan pinggang dan juga tulang belakang. Serta dengan rutin melakukan gerakan Bhujangasana dapat terhindar dari sakit punggung.

Cara melakukan gerakan yoga Bhujangasana juga tidak terlalu sulit, yaitu yang pertama rebahkan badan di posisi tengkurap dengan kaki lurus di atas matras.

Kemudian telapak tangan diletakkan di bawah bahu. Setelah sudah dalam posisi yang disebutkan tadi, kemudin tekan telapak tanganmu dan angkat tubuh secara perlahan sambil mengambil napas secara perlahan-lahan.

Lakukan gerakan ini perlahan-lahan sampai tubuh mulai terbiasa. Gaya gerakan Bhujangasana ini memang ampuh untuk mengobati sakit punggung.

Gerakan Child Pose

Untuk melakukan gerakan Child Pose ini, pertama-tama Anda bisa melakukannya dengan mengambil posisi duduk bersimpuh, lalu condongkan badan ke depan hingga paha dan kepala bisa menyentuh lantai.

Lalu, julurkan tangan ke depan dan hitung selama beberapa detik. Tutup mata anda dan tarik nafas dalam-dalam, tahan selama kurang lebih dua menit.

Yoga untuk pemula ini sangat simpel namun anda akan merasakan efek yang lebih banyak daripada gerakan sebelumnya, yakni melatih alat pernapasan, sebagai peregangan pinggul, paha depan dan punggung.

Gerakan Baby Pigeon Pose

Baby pigeon pose dilakukan dengan posisi duduk, putar tubuh ke kiri kemudian  kaki kanan menjulur ke samping kanan.

Lalu lipat kaki kiri ke dalam berada diantara dua telapak tangan yang ditumpukan ke matras. Tahan sampai 5 kali hitungan kemudian tarik nafas. Lalu ganti posisi sebaliknya.

Gerakan Back Pain Pose

Gerakan Yoga untuk Pemula yang Bisa Dipraktekan di Rumah

Letakkan tangan di samping kiri dan kaki dalam posisi yang rileks. Back Pain Pose ini berguna untuk membuat posisi tulang menjadi lurus dan tegak serta mencegah tubuh bungkuk, karena tulang belakang dilatih dengan cara ditekuk berlawanan arah dengan kebiasaan kita sehari-hari.

Pose yoga ini sangat berguna untuk melatih otot punggung dan membantu menyembuhkan cedera pada otot punggung.

Gerakan ini diawali dengan tidur telentang, lalu tekuklah kaki sambil mengangkat pantat secara perlahan hingga membentuk sudut 450.

Gerakan Viparita Karani

Viparita kirani membantu agar peredaran darah lebih lancar, berbaringlah dengan kedua kaki yang diangkat dan disandarkan menempel dinding. Kedua tangan direntangkan ke samping.Lakukan gerakan ini dengan tenang dan rileks.

Gerakan Yoga untuk Pemula yang Bisa Dipraktekan di Rumah

Gerakan Standing Mountain Pose

Standing mountain pose merupakan gerakan relaksasi yang bisa dimulai dengan berdiri tegak, kedua tangan di samping, lebarkan kedua bahu.

Lalu bernapaslah dengan teratur.Gerakan ini berfungsi untuk mengatur pernafasan anda setelah melakukan beberapa gerakan yoga sebelumnya.

 Demikian macam-macam gerakan yoga untuk pemula yang bisa dipraktekkan dirumah. Selamat mencoba dan semoga memberi manfaat bagi Anda.

Baca juga :

7 Tips Pintar Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Olahraga di Rumah untuk Wanita Bekerja yang Mudah dan Praktis

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.