Tips Sukses Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Tepat

Tips Sukses Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Tepat

 

Tipsgayahidup.com – Keuangan dalam rumah tangga merupakan salah satu hal yang penting kita kelola dengan baik. Mengatur dan mengelola keuangan biasanya menjadi tanggung jawab istri terlepas istri bekerja atau tidak.

Karena diyakini istri yang paling paham segala kebutuhan dalam rumah tangga. Tapi bukan berarti suami tidak boleh ikut berperan serta dalam urusan keuangan rumah tangga.

Sebuah keluarga yang sehat adalah yang bisa saling terbuka dan menjaga komunikasi dengan baik. Jadi sebaiknya masalah mengatur keuangan juga di komunikasikan dengan baik sehingga tidak menimbulkan keributan.

Masalah gaji kadang menjadi faktor utama dalam menentukan alokasi anggaran belanja dan kebutuhan rumah tangga. Tidak bisa dipungkiri karena besar kecilnya gaji juga menentukan tata kelola keuangan sebuah keluarga.

Tapi bukan berarti bagi anda yang berpenghasilan kecil tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, atau sebaliknya yang berpenghasilan besar pasti pengaturan keuangannya lebih baik.

Hal itu tergantung dari masing-masing pasangan apakah mereka tipe yang konsumtif atau yang membelanjakan uang sesuai kebutuhan bukan menuruti keinginan.

Karena jika anda ikuti keinginan itu tidak akan ada habisnya,karena sifat manusia pada umumnya selalu merasa kurang puas dengan apa yang sudah mereka miliki.

Intinya banyak manusia yang kurang bersyukur atas kehidupan mereka walau sudah berkecukupan.

Banyak orang yang berpenghasilan tidak besar tapi mereka bisa memiliki rumah,mobil dan kebutuhan lainnya dari gaji mereka sendiri.

Tentu anda juga ingin seperti mereka bukan ? Nah, untuk dapat memiliki segala kebutuhan anda diperlukan beberapa tips dalam mengatur keuangan rumah tangga dengan tepat.

Tips Sukses Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Tepat

Tips Sukses Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Tepat

Prioritas

Mengatur keuangan diperlukan prioritas, artinya kita harus paham betul kebutuhan rumah tangga yang menjadi prioritas utama. Misalnya : Kebutuhan makan, Biaya sekolah,Biaya Listrik,PAM,Tagihan Hutang jika ada, hal tersebut merupakan prioritas utama yang harus kita dahulukan.

Artinya jika kebutuhan utama sudah terpenuhi barulah kita boleh mengalokasikan pada kebutuhan lainnya.

Jadi anda harus belajar disiplin bahwa kebutuhan utama harus didahulukan terlebih dahulu agar anda tidak membelanjakan uang untuk keperluan yang tidak penting diawal gajian.

Disiplin Menabung

Menabung kadang tidak dilakukan oleh beberapa keluarga karena alasan penghasilan mereka yang pas-pas sehingga tidak ada lagi uang untuk ditabung.

Sebenarnya menabung itu hanya butuh kedisiplinan anda dalam mengalokasikan uang jadi tidak tergantung besar kecilnya penghasilan.

Biasakan sisihkan uang anda untuk ditabung setelah anda menerima gaji, jadikan menabung adalah suatu kebutuhan utama anda bukan hanya sekedar keinginan kalau punya uang lebih.

Dengan disiplin dalam menabung maka anda akan memperoleh banyak manfaat. Menabung tidak harus dalam jumlah nominal yang besar, tapi disesuaikan dengan kondisi keuangan anda.

Seperti kata pepatah : “Sedikit sedikit lama-lama menjadi bukit” itulah prinsip menabung kita menyisihkan sedikit uang gaji kita untuk ditabung dan suatu saat akan menjadi banyak jumlahnya.

Dari rajin dan disiplin dalam menabung anda dapat membeli kebutuhan lainnya tanpa harus berhutang. Pilihlah bank yang dapat dipercaya dan simpanannya dijamin oleh Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) sehingga tabungan anda aman.

Tips Sukses Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Tepat

Buat Catatan

Biasakan membuat catatan keperluan rumah tangga anda setiap bulannya agar anda tahu kebutuhan belanja rumah tangga setiap bulannya.

Dengan membuat catatan yang rinci akan mempermudah anda mengetahui semua kebutuhan rumah tangga setiap bulannya.

Buatlah catatan setiap hari agar anda mengetahui juga pengeluaran anda setiap harinya. Membuat rincian harian bukan berarti kita pelit tapi kita menjadi lebih disiplin dalam menggunakan uang agar tidak boros. Dan anda akan lebih mudah melihat kebutuhan harian anda sehingga bisa lebih tertata.

Bedakan antara Keinginan dan Kebutuhan

Banyak orang gagal mengatur keuangan karena tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Orang seringkali salah dalam mengartikan hal tersebut sehingga hal itu membuat keuangan menjadi berantakan dan akhirnya berhutang.

Kebutuhan adalah apa yang kita butuhkan untuk kehidupan sehari-hari dan sifatnya wajib kita penuhi, misalnya : makan, biaya sekolah,listrik,PAM.

Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang sifatnya konsumtif dan bukan merupakan hal yang wajib anda penuhi, misalnya ; anda sudah memiliki HP tapi karena ada model terbaru anda ingin membelinya.

Nah, hal tersebut yang seringkali membuat keuangan dalam rumah tangga jadi berantakan karena alokasi uang yang tidak tepat.

Hanya memenuhi keinginan konsumtif anda bukan karena kebutuhan. Mungkin lain halnya jika HP anda rusak dan harus membeli karena untuk alat komunikasi dengan kantor dan keluarga.

Hindari juga membeli sesuatu karena diskon dan promo padahal anda tidak membutuhkannya. Jadi mulai sekarang anda harus lebih cerdas membedakan antara keinginan dan kebutuhan agar keuangan anda terjaga dengan baik.

Tips Sukses Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Tepat

Rencanakan Daftar Belanja

Kebutuhan rumah tangga tak lepas dari belanja kebutuhan rumah tangga untuk keperluan keluarga kita. Belanja bahan kebutuhan rumah tangga seperti : beras,sabun mandi,sabun cuci,pasta gigi,minyak goreng, sebaiknya dilakukan  satu bulan sekali.

Rencanakan dan buatlah daftar belanja setiap bulannya, catat barang-barang yang sudah habis dan harus dibeli. Belanja barang yang memang anda butuhkan dan biasakan disiplin untuk tidak membeli barang yang tidak ada di daftar belanja anda.

Usahakan juga anda bisa mencari supermarket yang sedang ada promonya, hal itu akan lebih menghemat anggaran belanja bulanan anda. Dengan belanja satu bulan sekali akan lebih hemat waktu,bensin dan anggaran makan diluar.

Karena jika kita belanja mingguan bayangkan waktu dan tenaga yang kita gunakan untuk bolak balik ke supermarket membeli barang kebutuhan rumah yang sudah habis.

Gunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

Di zaman modern sekarang ini banyak orang yang pergi tanpa membawa uang cash,karena alasan keamanan dan tidak praktis.

Hampir semua orang belakangan ini mempunyai kartu kredit, bahkan ada yang memiliki lebih dari satu. Memiliki kartu kredit tidak ada salahnya asalkan anda dapat menggunakannnya dengan bijaksana.

Gunakan kartu kredit jika memang terpaksa anda tidak membawa uang tunai dan segera bayar tagihan kartu kredit anda agar tidak menambah hutang.

Kadang orang terlalu bangga menggunakan kartu kredit hingga tagihan membengkak, padahal tanpa mereka sadari sebenarnya mereka berhutang. Mulai sekarang biasakan membayar tunai belanjaan anda atau gunakan kartu debit agar anda tidak terjerat tagihan yang memberatkan.

Tips Sukses Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Tepat

Investasi

Mulailah memikirkan untuk memiliki investasi untuk masa depan keluarga anda. Investasi bisa dalam bentuk apa saja asal yang bisa kita gunakan jika suatu saat kita membutuhkannya.

Jika anda memiliki penghasilan yang lebih bisa dalam bentuk rumah,perhiasan atau deposito. Tapi bagi anda yang berpenghasilan cukup anda bisa berinvestasi dalam bentuk produk reksada dalam bentuk saham.

Ada banyak saham yang ditawarkan dengan harga yang bisa anda jangkau. Investasi sangat dibutuhkan untuk menjamin masa depan anda dan keluarga.

Kurangi Kebiasaan Makan Diluar Rumah

Makan diluar biasanya menjadi kebiasaan yang tidak bisa dihindari oleh semua keluarga. Tapi dengan terlalu sering makan diluar juga akan berdampak buruk pada anak-anak karena mereka jadi terbiasa dengan makanan yang diluar rumah dibanding dengan makanan yang kita masak sendiri.

Jadi mulai sekarang biasakan membuat masakan sendiri dirumah,disamping lebih sehat dan higienis juga lebih menghemat pengeluaran anda.

Tapi bukan berarti anda sama sekali tidak boleh makan di luar rumah seperti direstoran atau kafe, mungkin sekali-kali tidak masalah untuk menyenangkan keluarga anda atau menjamu saudara dan teman lama.

Tips Sukses Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Tepat

Jangan lupa berbagi

Mengatur keuangan dengan baik bukan berarti melupakan kewajiban anda untuk berbagi pada sesama yang membutuhkan. Menyisihkan sedikit uang gaji kita untuk dibagikan kepada orang lain juga akan membuat hidup anda menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Demikian tips sukses mengatur keuangan rumah tangga dengan tepat, jika anda bisa mengelola keuangan rumah tangga dengan baik maka keluarga anda dijamin lebih bahagia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 Baca juga :

8 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan Bersama Keluarga

7 Tips Pintar Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.