Download Kumpulan Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

Download Kumpulan Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

Tipsgayahidup.com – Contoh Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya,Kumpulan soal psikotes dan kunci jawabannya dilengkapi penjelasan.

Download contoh soal psikotes dan jawaban serta penjelasan lengkap.

Silahkan download kumpulan soal psikotes lengkap dengan jawaban dan penjelasannya.

Contoh soal dan tips menjawab soal psikotes agar lulus test,Kumpulan soal psikotes beserta tips dan trik mengerjakannya.

Download kumpulan soal psikotes dan matematika lengkap dengan jawaban dan penjelasannya.

Siap menghadapi ujian dan test dengan contoh soal psikotes dan matematikan lengkap dengan jawaban dan penjelasan.

Tips dan trik mengerjakan soal psikotes dengan benar dan cepat,Latihan soal psikotes dan jawaban lengkap serta penjelasannya.

Bagi Anda yang akan menghadapi ujian ataupun test baik sekolah maupun kerja tentu melewati beberapa tahapan salah satunya psikotes.

Ada baiknya sebelum mengikuti ujian dan tes anda belajar soal soal terutama psikotes dan matematika agar mempunyai bekal menghadapinya.

Gunakan waktu anda untuk mencari dan download soal psikotes yang ada jawaban dan penjelasannya sehingga mempermudah untuk memahaminya.

Pengetahuan adalah hal utama untuk anda dapat meraih impian dan cita cita bagi masa depan nantinya sesuai anjuran Mendikbud agar kita selalu mengisi waktu muda  untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat.

Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang test pauli/kraepelin(test koran),test wartegg,test menggambar manusia,test menggambar pohon dan test army.

Download Kumpulan Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

1.Tes Pauli/Kraepelin(Tes Koran)

Tes pauli/kraepelin atau sering juga disebut sebagai tes koran adalah tes perhitungan sederhana.

Kenapa disebut test Koran karena kertas test penjumlahan sederhana ini mirip dengan kertas Koran yang sangat besar dan panjang deretan angkanya sehingga kadang sudah bikin grogi duluan.

Pada test ini tugas anda hanya menjumlahkan deretan angka-angka (0-9) yang disusun secara vertikal.

Tes kraeplin/pauli ini digunakan untuk mengukur karakter anda pada beberapa aspek seperti ketelitian, kecepatan, konsistensi, emosi dan juga daya tahan terhadap stres.

Pada Tes ini sangatlah menuntut konsentrasi, ketelitian, konsistensi dan daya tahan yang baik dari anda.

Semakin banyak anda melakukan kesalahan, itu menunjukkan bahwa anda adalah orang yang kurang teliti, kurang hati-hati dan kurang memiliki daya tahan yang baik terhadap tekanan dalam pekerjaan.

Cara mengerjakan tes ini sangatlah sederhana yaitu anda jumlahkan dua angka yang saling berdekatan.

Kemudian, hasil penjumlahan dua angka tersebut anda tulis disamping diantara kedua angka tersebut.

Khusus untuk penjumlahan yang hasilnya 2 digit, hanya ditulis digit terakhirnya saja. Misal penjumlahan 9+7=16 maka yang anda tulis hanya angka 6-nya saja.

Kumpulan Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

Berikut beberapa tips dalam mengerjakan tes kraeplin/pauli :

  1. Gunakan pensil yang biasa saja, jangan gunakan pensil mekanik. Pensil mekanik mudah patah dan butuh waktu ketika isi pensil habis.
  2. Siapkan minimal 2 buah pensil dalam kondisi sudah diraut. Tujuannya agar tidak membuang waktu anda ketika pensil patah atau sudah pendek.
  3. Jangan menghapus jawaban yang salah. Cukup coret jawaban yang salah kemudian tulis lagi jawaban yang benar disampingnya. Menghapus itu membuang waktu berharga anda.
  4. Dengarkan contoh yang diberikan penguji dengan baik. Jika ada yang belum anda mengerti, jangan ragu-ragu untuk bertanya ke penguji anda.

Perbedaan Tes Kraepelin dengan Tes Pauli

Secara prinsip, kraepelin dan pauli dikerjakan dengan cara yang hampir sama.

Perbedaannya adalah dari segi penulisan hasil penjumlahan (apakah dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas),

penulisan tanda saat pergantian waktu, waktu pengerjaan dan banyaknya lembar kerja.

Tes Kraepelin

Pada tes kraeplin, penjumlahan angka dilakukan dari bawah ke atas. Kemudian setiap beberapa menit,

anda akan diinstruksikan oleh petugas psikotes untuk pindah dari satu kolom ke kolom berikutnya.

Lembar kerja kraeplin berupa kertas seukuran A4 atau F4 yang sudah terisi dengan deretan angka-angka di setiap lembarnya.

Adapun durasi waktu untuk tes kraeplin biasanya lebih singkat dibanding tes pauli yaitu sekitar 10-15 menit dengan instruksi pindah setiap selang waktu beberapa menit.

Download Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

Tes Pauli

Pada tes pauli, penjumlahan angka dilakukan dari atas ke bawah. Kemudian setiap selang waktu beberapa menit,

anda akan diinstruksikan oleh petugas psikotes untuk menggarisbawahi angka terakhir yang sudah anda jumlahkan.

Setelah itu, segera anda lanjutkan lagi aktivitas penjumlahan yang sedang anda kerjakan.

Tidak seperti tes kraeplin, lembar kerja tes pauli berupa kertas selebar koran yang sudah dipenuhi dengan deretan angka-angka.

Dengan durasi waktu pengerjaan sekitar 60 menit, maka bisa saya pastikan bahwa anda akan sangat bosan dan lelah dengan tes yang satu ini.

2.Tes Wartegg

Jika anda mendengar nama tes ini pasti anda membayangkan hal lain yang lebih familiar yaitu warung tegal atau “Warteg”.

Namun jika anda lebih teliti ada perbedaan penulisan yaitu huruf “g” disini ditulis double karena test ini dinamakan tes wartegg karena diambil dari nama penemunya.

Penemu tes wartegg adalah seorang psikolog dari Jerman yang bernama lengkap Ehrig Wartegg.

Tes wartegg ini terdiri dari 8 kotak yang memiliki pola yang berbeda-beda. Dari mulai titik sampai dengan garis lengkung.

Adapun cara mengerjakannya adalah anda diharuskan untuk menggambar dengan melanjutkan pola-pola yang sudah ada sesuai dengan kreatifitas anda.

Cara mengerjakan tidak berdasarkan urutan jadi terserah anda mau mulai dari nomor berapapun terlebih dahulu.

Jika anda sudah selesai menggambar seluruh kotak, silahkan nomori gambar dari yang pertama kali anda buat sampai dengan yang terakhir kali anda selesaikan.

Selain itu, anda juga akan diminta oleh penguji untuk memilih gambar dengan kriteria gambar tersulit, termudah, yang paling anda sukai dan tidak anda sukai. Pilih satu gambar untuk satu kriteria.

Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

Berikut ini tips agar anda sukses mengerjakan tes wartegg:

    1. Mulailah dengan gambar yang anda anggap paling mudah.
    2. Jagalah agar kertas anda tetap dalam keadaan bersih. Karena cara anda menggambar pun akan dinilai oleh penguji.
    3. Jika saat menggambar anda terlalu sering menghapus sehingga kertas anda kotor, maka anda akan dianggap memiliki cara kerja yang tidak rapih dan lemah dalam perencanaan.
    4. Urutan gambar jangan terlalu sesuai urutan atau terlalu acak. Karena jika terlalu sesuai urutan maka anda akan dinilai sebagai pribadi yang kaku dan konservatif.

Sedangkan jika terlalu acak maka anda akan dinilai sebaliknya yaitu terlalu kreatif, inovatif dan cenderung melawan hukum yang berlaku.

Solusinya adalah silahkan anda gunakan kombinasi antara sesuai urutan dengan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5.

Dengan begitu, maka anda akan dinilai sebagai pribadi yang seimbang oleh psikolog.

  • Jika anda laki-laki tulen, usahakan jangan mulai dari nomor 5. Karena ada anggapan bahwa jika anda memulai dengan nomor tersebut, anda memiliki kelainan seksual.
  • Gambarlah sesuatu yang kreatif, tidak biasa dan berbeda dari orang lain. Karena hal itu akan menunjukkan tingkat kecerdasan dan wawasan anda yang luas.

Satu lagi yang perlu anda ketahui tentang tes wartegg ini yaitu bahwa setiap kotak dalam tes ini memiliki penilaian yang berbeda-beda.

Dari gambar tersebut, penguji dapat mengetahui karakter yang ada dalam diri anda. Seperti kemauan, kemampuan menyelesaikan masalah, keuletan, cara beradaptasi dan lain sebagainya.

Kumpulan Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

Berikut penjelasan dari tiap-tiap kotak contoh soal psikotes wartegg :

  1. Kotak 1 : Gambar titik kecil ditengah kotak : menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan adaptasi, penyesuaian diri terhadap lingkungan.
  2. Kotak 2 : Gambar hurus S terbalik yang terletak di sebelah kiri atas : menunjukkan kebebasan dan fleksibiltas perasaan.
  3. Kota k 3 : Gambar 3 garis vertikal dari pendek, sedang dan tinggi : menunjukkan kemauan serta ambisi untuk maju dan memperbaiki diri.
  4. Kotak 4 : Gambar kotak hitam kecil yang terletak di sebelah kanan atas : menunjukkan bagaimana anda mengatasi sebuah kesulitan.
  5. Kotak 5 : Gambar huruf T miring di sudut kiri bawah, menunjukkan cara anda bertindak dalam pemecahan sebuah permasalahan.
  6. K otak 6 : Gambar garis horisontal dan vertikal : menunjukkan cara anda berpikir dan menganalisa sebuah permasalahan.
  7. Kotak 7 : Gambar titik-titik melengkung : menunjukkan perasaan anda, apakah sudah stabil atau masih labil/kekanakan.
  8. Kotak 8 : Gambar garis melengkung, menunjukkan kehidupan sosial, hubungan sosial anda dengan orang lain.

Berikut adalah beberapa contoh hasil tes wartegg yang bisa anda jadikan sebagai inspirasi ketika psikotes nanti.

Download Kumpulan Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

Download Contoh Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

3.Tes Menggambar Manusia

Tes ini mengharuskan anda menggambar manusia secara detail,deskripsikan jenis kelamin,usia,serta aktivitas yang menggambarkan orang tersebut.

Pasti anda yang kurang berbakat dalam menggambar sangat kuatir dengan hasil tes ini bukan?karena hasil gambar tidak bisa bagus.

Namun jangan kuatir karena dalam tes ini bukanlah keindahan gambar yang dinilai akan tetapi apakah gambar itu bisa menjelaskan manusia yang dimaksudkan.

Berikut ini tips agar anda bisa sukses dalam tes ini :

  1. Gambarlah manusia sesuai dengan jenis kelamin anda. Jika anda pria, maka gambarlah seorang pria, begitupun sebaliknya.
  2. Gambarlah manusia secara utuh dan lengkap. Dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki. Selain itu, gambar anda juga harus memperlihatkan bagian-bagian tubuh utama seperti muka, telinga, hidung, mulut, tangan, jari tangan sampai dengan kaki.
  3. Sedikit tips bagi muslim yang tidak diperbolehkan menggambar makhluk bernyawa yaitu silahkan anda lewatkan bagian mata.
  4. Berdasarkan pengalaman pribadi, kurang lebih 5 atau 6 kali saya mengerjakan psikotes dan semuanya alhamdulillah lolos meskipun dalam tes ini saya tidak menggambar mata.
  5. Gambarlah manusia sesuai dengan jenis profesi yang anda inginkan. Jika anda menggambar seorang polisi, maka anda harus menggambar polisi lengkap dengan pakaian dinasnya dan aksesoris lainnya. Berikan juga sentuhan ekspresi pada wajahnya seperti wajah bahagia dengan menampilkan senyum.
  6. Karena anda diinstruksikan untuk menggambar manusia dengan aktivitasnya juga. Jika anda menggambar seorang polisi lalu lintas misalnya, maka anda bisa menggambar polantas tersebut sedang mengatur lalu lintas di jalan.

Download Contoh Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

Download Contoh Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

4.Tes Menggambar Pohon

Dalam tes ini anda ditugaskan untuk menggambar sebuah pohon di selembar kertas berukuran A4 dengan waktu yang telah ditentukan oleh penguji.

Beberapa ketentuan dalam tes ini yaitu anda tidak boleh menggambar pohon kelapa atau tumbuhan kecil, harus pohon yang memiliki ranting.

Bukan bagus atau tidaknya gambar yang akan dinilai oleh penguji, melainkan karakteristik yang ada di dalam gambar yang bisa mengungkap karakter dan kepribadian anda sebenarnya.

Berikut beberapa tips dalam mengerjakan tes menggambar pohon :

  1. Gambarlah sebuah pohon yang memiliki komponen lengkap dari mulai akar, batang, ranting, daun, bunga sampai dengan buah.
  2. Jangan menggambar pohon yang tidak bercabang seperti padi, tebu, pisang, kelapa dan lain sebagainya.
  3. Gambarlah pohon dengan proporsional. Bagian pohon yang memang kecil, anda gambar kecil dan bagian yang besar anda gambar besar.
  4. Berilah nama dari pohon yang sudah anda gambar, tuliskan nama tersebut di bawah gambar pohon.
  5. Gambarlah sesuai dengan kemampuan anda, yang penting lengkap, detail dan proporsional.

Kumpulan Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

5.Tes Menggambar Rumah, Pohon Dan Manusia (House Tree Person Test)

Tes House Tree Person atau biasa disingkat dengan HTP merupakan salah satu psikotes yang dikembangkan oleh John Buck pada tahun 1948.

John meyakini bahwa gambar seseorang dapat mewakili karakter kepribadiannya.

Dalam tes ini, anda ditugaskan untuk menggambar sebuah rumah, pohon dan manusia dalam satu kesatuan ruang.

Adapun poin penilaian dalam tes menggambar rumah ini, sebagai berikut :

  1. Atap rumah mencerminkan fantasi. Jika atap menjadi poin perhatian anda, maka anda akan dinilai sebagai pribadi yang terlalu memperhatikan fantasi dalam kehidupan anda.
  2. Garis dan dinding mencerminkan ego. Garis dan dinding yang tebal akan mencerminkan bahwa anda memiliki kecemasan yang berlebihan.
  3. Sedangkan garis dan dinding yang terlalu tipis dan samar mencerminkan bahwa anda memiliki ego yang lemah.
  4. Pintu dan jendela mencerminkan keterbukaan. Menggambar pintu dan jendela yang tertutup mencerminkan bahwa anda pribadi yang tertutup dan kurang suka untuk berinteraksi dengan orang lain maupun lingkungan sekitar.
  5. Jika anda menggambar sebaliknya, pintu dan jendela yang terbuka, maka anda akan dinilai sebagai pribadi yang terbuka dan suka berinteraksi.
  6. Tanah mencerminkan penerimaan. Menggambar tanah yang merupakan fondasi bangunan akan mencerminkan anda sebagai orang yang dapat menerima kenyataan hidup dengan baik.

Kumpulan Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

sumber : karyawanesia.com

Kumpulan Contoh soal Psikotes dan Jawaban lengkap

6.Tes Army Alpha Intelegence

Tes army alpha intelegence merupakan tes yang terdiri dari soal berisi kombinasi deretan angka dan bentuk. Soal sebelum dan setelahnya kadang memiliki keterkaitan.

Tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan nalar atau daya tangkap anda dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat.

Tips mengerjakan tes ini yaitu anda harus konsentrasi dalam mendengarkan dan memahami apa yang diinstruksikan oleh penguji.

Karena kabar buruknya adalah penguji hanya akan menyampaikan instruksi satu kali dan tidak ada pengulangan.

Ditambah lagi dengan durasi waktu yang diberikan sangatlah terbatas. Cukup menegangkan.

 Demikian pembahasan tentang contoh soal psikotes matematika dan jawaban lengkap dengan penjelasannya yang dapat admin sampaikan.

Terima kasih atas kunjungan setia anda disini dan jangan lupa tinggalkan jejak disini.

Jika anda memiliki contoh soal lain tentang artikel diatas dapat anda share dikolom komentar.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada saudara,teman atau sahabat yang membutuhkannya.

Semoga bermanfaat.

baca juga :

Contoh Soal Psikotes Matematika dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

Petunjuk dan Syarat Tata Cara Pendaftaran CPNS 2019

Contoh Soal Psikotes dan Jawaban Lengkap Dengan Penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.